2012-11-24

tehepero(・ω<)

Konnichiwa :)

tehepero? Apa itu?
tehepero adalah sebuah Japanese Slang word. Dalam bahasa Jepang, tehepero ditulis てへぺろ atau テヘペロ yang sebenarnya gabungan dari dua buah Japanese Onomatopoeia/Phonomime* てへ dan ぺろ. 「てへ」 adalah suara dari ekspresi saat orang tertawa kecil atau terkikih-kikih. Dalam anime Jepang kalian akan menemukan tawa sebuah karakter yang terdengar seperti "tehehehe...". Itu lah てへ. Lalu 「ぺろ」. Bentuk asli dari ぺろ adalah ぺろぺろ. Dalam onomatopoeia bahasa Jepang, itu adalah suara dari lidah yang dikeluarkan. So, literally, tehepero adalah ekspresi di mana seseorang tertawa kecil sambil mengeluarkan lidahnya.

Sejarah てへぺろ
Dari mana asal tehepero? Siapa yang menciptakannya? Jawabannya adalah seorang seiyuu* bernama Youko Hikasa. Ia mengisi suara Mio Akiyama dalam anime K-ON. tehepero pertamakali dipakai di episode 12 radio show Odoroki Sentai Momoniki Five. Lalu tehepero ini menyebar luas sampai menjadi peringkat kedua kata slang yang sering digunakan di text message oleh anak cewek SMP dan SMA pada bulan desember tahun lalu.
Watanabe Mayu (Mayuyu) menulis di blognya sebuah post yang menceritakan bahwa saat dia menjadi bintang tamu di Music Station, sang host, Tamori, melakukan tehepero. Lalu Youko Hikasa yang melihat posting Mayuyu di blognya itu, merespon dengan post di blognya yang mengatakan bahwa tehepero menjadi terkenal karena sering Mayuyu pakai.

Kapan てへぺろ digunakan?
tehepero digunakan ketika kita melakukan kesalahan baik dalam ucapan maupun perbuatan, maka lakukan tehepero untuk mencairkan mood/suasana. tehepero bisa juga digunakan saat melakukan joke.

Saat ini, sudah banyak sekali macam-macam tehepero, lihatlah gambar-gambar di bawah ini, contoh-contoh tehepero:

tehepero icon
YUI's tehepero
terlihat di sini YUI tidak mengeluarkan lidahnya,
tapi YUI melakukan sesuatu yang unik yang menjadikan itu tehepero khasnya YUI :)
Maeda Atsuko (acchan)'s tehepero
Watanabe Mayu (mayuyu)'s tehepero



ini tissue case

Dan masih banyak lagi tehepero-tehepero lainnya. Dan di bawah ini adalah salah satu contoh kasus penggunaan tehepero. Triendl Reina di Softbank CM. Diceritakan Reina adalah pelajar pindahan dari Hawaii. Lalu di akhir Reina menyebutkan dia tinggal di daerah Tottori. (Tottori adalah nama perfektur di Jepang, di perfektur itu ada daerah yang bernama Hawai... bukan Hawaii >.<) Dan Reina mengakhiri joke/salahpaham itu dengan tehepero.


Begitulah kira-kira sekilas tentang tehepero. Sekarang kalian tahu apa itu tehepero dan kapan menggunakannya. Jadi, ayo kita gunakan!! :D
Kita juga bisa menggunakan tehepero di pesan teks (SMS) dengan kaomoji/emoticon(・ω<)

Terakhir, silakan klik link ini.

sekian dan terimakasih :)
ameth.